MATADOR 2.0: “Let’s Share Your Love with Your Blood”

Depok (07/04). Donor darah merupakan program kerja yang dilakukan oleh departemen pengabdian masyarakat BEM FIK UI di setiap kepengurusannya. Kegiatan donor darah yang dikenal dengan MATADOR 2.0 (Mari Kita Donor Darah ke-2) tahun ini dilaksanakan pada 5 April 2016. Kegiatan donor darah kali ini dilaksanakan bersama beberapa fakultas kesehatan di Universitas Indonesia, yaitu Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FIK, Departemen Sosial Masyarakat BEM IM FKM dan Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FKG bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia cabang Kota Depok. Kegiatan MATADOR 2.0 mengundang semua elemen civitas akademika yang ada di Universitas Indonesia dan seluruh masyarakat yang ada sekitar UI Depok. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama terutama dalam bidang kesehatan dan mensosialisasikan pentingnya donor darah kepada civitas akademika UI dan masyarakat.

Kegiatan MATADOR 2.0 yang bertemakan “Let’s Share Your Love with Your Blood” ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 sampai 14.00 WIB di ruang G304-G305 gedung G FKM UI. Antusias pendonor sudah terlihat pada awal kegiatan. Terlihat dari beberapa pendonor yang sudah hadir saat PMI sedang bersiap-siap. Pendonor harus melewati beberapa prosedur sebelum mendonor darahnya. Pertama, calon pendonor harus melakukan registrasi dan mengisi kuisioner. Registrasi MATADOR dimulai pada pukul 10.00, tepat setelah registrasi dibuka calon pendonor memenuhi meja registrasi. Calon pendonor yang menempati urutan 50 pertama saat registrasi dibuka mendapatkan sebuah kenang-kenangan berupa gantungan kunci sebagai bentuk apresiasi dari rasa antusias mereka mengikuti kegiatan ini. Kedua, calon pendonor harus melakukan pemeriksaan berat badan, tekanan darah, dan kadar hemoglobin.

Calon pendonor dipersilahkan untuk menunggu di tempat yang telah disediakan. Selama menunggu giliran, calon pendonor dapat menikmati fasilitas yang disediakan di ruang tunggu seperti pemutaran film dan aneka permainan seperti congklak dan bekel maupun berfoto di photobooth yang telah disediakan. Bagi calon pendonor maupun bukan dapat mengikuti kontes foto di photobooth MATADOR 2.0 dengan cara mengirimkan foto terbaiknya melalu akun instagram dengan menyertakan caption #AdaCintadiMATADOR. Pemenang kontes akan di beritakan setelah acara donor darah selesai melalui instagram dan mendapatkan hadiah menarik. Ketiga, apabila calon pendonor lolos dari pemeriksaan dan telah memenuhi kriteria maka pendonor diperbolehkan melakukan prosesi donor darah. Setelah mendonor, pendonor dipersilahkan mengambil snack yang telah disediakan oleh PMI dan teh manis juga bagi 24 pendonor pertama mendapakan donat J.Co yang telah disediakan panitia.

Tepat pukul 12.30 registrasi calon pendonor ditutup. Kegiatan donor darah kali ini banyak menarik minat pendonor dari civitas akademika UI. Jumlah pendonor dalam kegiatan MATADOR 2.0 sebanyak 131 orang dengan rincian 66 yang berhasil mendonorkan darahnya. Darah yang berhasil diantaranya 21 kantung untuk darah golongan A, 12 kantung untuk darah golongan B, 28 kantung untuk darah golongan O dan 5 kantung untuk darah golongan AB. Calon pendonor yang gagal mendonorkan darahnya disebabkan oleh persyaratan yang tidak terpenuhi ketika melewati meja pemeriksaan meliputi tekanan darah dan kadar hemoglobin serta beberapa diantaranya tidak hadir saat pemanggilan. Pada pukul 14.00 kegiatan MATADOR 2.0 telah selesai dan ditutup dengan foto bersama oleh panitia dan perwakilan PMI Depok. Secara keseluruhan, kegiatan MATADOR 2.0 berjalan dengan lancar. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam berlangsungnya acara ini. Semoga semakin banyak acara yang dapat menebar lebih banyak kebermanfaatan bagi masyarakat.

2 1 3

Scroll to Top